SAMBUTAN LUAR BIASA DARI SAHABAT  UNIVERSITAS MATARAM

Foto Bersama Mahasiswa dengan Dekan FKIP dan Kaprodi FKIP UMSIDA

Tanggal 08 Oktober 2018. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melakukan kegiatan pengantaran mahasiswa yang ikut kedalam program pertukaran mahasiswa melalui SPADA tahun 2018 ke Universitas Mataram. Pemberangkatan dilakukan secara langsung dengan dipimpin oleh bapak dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yaitu bapak Dr.Nur Efendi, M.Pd dan ibu Kaprodi PGSD Ibu Tri Linggowati. M.Pd. pemberangkatan diikuti oleh 15 mahasiswa prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Sesampainya di pulau Lombok. Rombongan dari FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo langsung disambut perwakilan dari PGSD Universitas Mataram yang dipimpin langsung oleh Kaprodi PGSD UNRAM, Ibu Ida Ermiana, S.Pd, M.Pd. Setelah memasukkan semua barang-barang mahasiswa ke mobil, rombongan dari UMSIDA dia ajak makan siang mencicipi makanan has lombok, yaitu nasi balap puyung.

Mahasiswa UMSIDA berada di Desa Sade, Desa Suku Sasak

Tidak selesai disitu, rombongan UMSIDA dijamu lagi dengan kegiatan yang menarik, yaitu diajak berkunjung ke suku sasak di desa Sade hingga mengenalkan kebudayaan dan suku asli Lombok, Suku Sasak merupakan suku asli Lombok yang mendiami daerah Lombok, dan juga menggunakan bahasa Sasak itu sendiri meskipun saat berkomunikasi dengan orang luar mereka menggunakan bahasa Indonesia tetapi saat berkomunikasi dengan anggota suku sendiri mereka menggunakan bahasa Sasak. Suku yang masih mempertahankan keaslian suku dan adat istiadatnya memiliki keunikan tersendiri yaitu seperti hukum pernikahan yang mengharuskan calon mempelainya dari suku Sasak sendiri dan jumlah rumah di desa suku Sasak yang tetap dengan bahan rumah dari tanah liat dicampur dengan kotoran kerbau dan menggunakan penyangga kayu dan atap tembikar. Pada umumnya suku bangsa Sasak sebagian besarnya penduduk yang beragama Islam, tetapi ada juga yang beragama Hindu.

Mahasiswa UMSIDA diajarin cara menenun oleh Suku Sasak

Mata pencaharian suku Sasak adalah pengrajin tenun, tetapi disamping itu suku Sasak ini juga memiliki kebiasaan bertani, yaitu sayuran dan dan padi. Dalam menenun inipun para penduduk Sasak memintal dan membuat kapas sendiri untuk dijadikan benang dengan bantuan peralatan tradisional dari kayu. Para penduduk suku Sasak ini kesehariannya masih banyak sekali yang menggunakan baju adat daerahnya sendiri, dari hasil yang mereka tenun sehari-hari. Selain itu hasil tenun juga hasil kesenian yang lain juga dijual langsung kepada para wisatawan. Puas mengunjungi Suku Sasak, suku asli dari pulau Lombok. Rombongan diantarkan ke tempat istirahat. Mahasiswa langsung diantarkan ke rumah kos yang akan ditempati sedangkan Pak Dekan, Dr. Nur Efendi, M.Pd dan perwakilan dosen PGSD UMSIDA diantarkan ke hotel untuk beristirahat.
Keesokan harinya, tanggal 09 Oktober 2018. Rombongan dari UMSIDA diantarkan ke Kampus 1 Universitas Mataram untuk mengikuti serah terima mahasiswa PGSD UMSIDA kepada Civitas Akademik FKIP Universitas Mataram. Rombongan disambut oleh perwakilan FKIP UNRAM yaitu bapak dekan FKIP UNRAM, Bapak Dr.H.Wildan, M.Pd dan Ibu Ida Ermiana, S.Pd, M.Pd. kemudian rombongan diantarkan ke aula untuk mengikuti acara serah terima pertukaran mahasiswa.

 

Sambutan Bapak Dekan FKIP UNRAM dan FKIP UMSIDA, Bapak Dr. H. Wildan, M.Pd dan Bapak Dr. Nur Efendi, M.PD

Acara serah terima pertukaran mahasiswa dimulai dengan pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjukan dengan sambutan dari Bapak Dekan FKIP UNRAM, Bapak Dr.H. Wildan, M.Pd yang dilanjutkan dengan sambutan dari bapak dekan FKIP UMSIDA, Bapak Dr. Hur Efendi, M.Pd. Setelah itu, rombongan dari UMSIDA di sajikan penampilan tari daerah Lombok yang ditampilkan oleh mahasiswa PGSD UNRAM.

Mou FKIP Universitas Mataram dan FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Setelah penampilan tari daerah Lombok, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian tanda selamat datang berupa pengalungan kain sesek  khas Lombok kepada perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo oleh perwakilan dari Universitas Mataram.

Ucapan Selamat Datang berupa pengalungan kain has Lombok oleh perwakilan UNRAM

dilanjutkan dengan penandatangan MoU antara FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dengan Universitas Mataram yang masing-masing ditandatangani oleh dekan masing-masing fakultas. Acara kemudian ditutup dengan berdoa dan bernyanyi lagu bersama antara mahasiswa UMSDIA dan mahasiswa UNRAM dengan judul “Music Sasambo”.

Bernyanyi Lagu “Sasambo” bersama-sama

demikian sambutan di akhir kegiatan yang sangat meriah dan menarik. Dari awal penjemputan hingga acara puncak serah terima mahasiswa. Mulai diajak mengenal kebudayaan dan suku asli Lombok dan acara serah terima. Semoga menjadi awal tali silaturrahmi yang baik antara Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan Universitas Mataram pada hari-hari yang akan datang. Amin. //MDK Wardana//

 

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *