Minggu, 05 Mei 2019 pukul 08.30 Alhamdulillah Himpunan mahasiswa (HIMA) program studi PGSD Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sukses mengelar seminar bertemakan “Menyiapkan Pembalajaran HOTS untuk Menghadapi Persaingan di Era Revolusi 4.0”. Seminar ini dilaksanakan untuk menjawab penyempurnaan kurikulum 2013 pada standar isi dan standar penilaian. Pada standar isi dirancang agar peserta didik mampu berpikir kritis dan analitis. Sedangkan pada standar penilaian, penilaian hasil belajar lebih menitikberatkan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill/HOTS). Walapun dilaksanakan pada hari minggu namun antusias mahasiswa untuk mengikuti seminar sangat tinggi. Hal tersebut terlihat dari banyaknya mahasiswa yang menghadiri acara tersebut.

Acara di gelar di Aula Mas Mansyur Gedung E Lantai 7. Seminar dihadiri kurang lebih 400 peserta baik mahasiswa PGSD UMSIDA, mahasiswa dari luar, maupun guru. Seminar dibuka oleh Kaprodi PGSD Ibu Tri Linggo Wati, M.Pd sekaligus memberikan sambutan. Dilanjutkan penyampaian materi oleh narasumber Dr. Endang Poerwati, M.Pd Dosen Universitas Muhammadiyah Malang. Suasana semakin meriah ketika di tengah penyampaian materi narasumber bersama-sama peserta seminar menyanyikan lagu yang berjudul “Bangga jadi Guru”. Selesai materi disampaikan banyak peserta yang ingin bertanya sehingga oleh moderator di buka dua sesi pertanyaan yang masing-masing sesi terdapat 3 pertanyaan. Di akhir acara terdapat pemilahan 3 penanya terbaik yang hadiah langsung diberikan oleh narasumber.


Semoga dengan adanya seminar ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan HOTS di pembelajaran Kurikulum 2013 dalam Menghadapi Persaingan di Era Revolusi 4.0.

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *