Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

No
Profil Lulusan
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
P1
P2
Tenaga Pendidik
Peneliti, Praktisi dan Konsultan Pendidikan
Sikap
S1
S2
S3
S4
S5
S6
S7
S8
S9
S10
S11
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
Menginternalisasi nilai Uswah, mandiri, sinergi, integritas, dinamis dan amanah melalui norma, dan etika akademik;
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
Bekerja sama danmemiliki kepekaansosial serta kepedulianterhadap masyarakatdan lingkungan;
Taat hukum dandisiplin dalamkehidupanbermasyarakat danbernegara;
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan dalam kehidupan sehari-hari.
Memiliki kepedulian mendidik anak pada sekolah Inklusi
Memiliki karakter yang kuat (mandiri, jujur dan disiplin) dalam menepati komitmen dan tanggung jawab dalam meningkatkan mutu pembelajaran
Keterampilan Umum
KU1
KU2
KU3
KU4
KU5
KU6
KU7
KU8
KU9
mampu menerapkanpemikiran logis, kritis, sistematis, daninovatif dalam kontekspengembangan atauimplementasi ilmupengetahuan danteknologi yang memperhatikan danmenerapkan nilaihumaniora yang sesuaidengan bidangkeahliannya;
mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Keterampilan Khusus
KK1
KK2
KK3
KK4
KK5
KK6
KK7
KK8
KK9
KK10
KK11
KK12
KK13
KK14
KK15
Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggung jawab
Mampu menerapkam Konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik fisik psikologi dan social melaui perancangan dan pelaksnaan pembelajaran di SD
Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di SD meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA,IPS dan PKn SBDP, PJOK. Melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintific sesuai dengan etika akademik.
Mampu menganalisis merekontruksi dan memodifikasi kurukulum pendekatan strategi model metode tehnik bahan ajar media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di SD
Mampu menerapkan teknologi pembelajaran di sekolah dasar Mampu merancang dan
Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan
Melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD sedcara ilmiah dan melaporkan dalam bentuk skripsi dan mengunggah dalam laman Perguruan Tinggi
Mampu menerapkan layanan bimbingan penyuluhan di SD untuk memecahkan permasalahan terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran secara mandiri
Mampu menerapkan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan dalam kehidupan sehari-hari
Mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan dalam kehidupan
Memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulis dalam bhs Indonesia dan bahasa inggris, dan daerah
Mampu menerapkan konsep dasar pendidikan inklusi dan implikasinya dalam managerial, kegiatan pembelajaran dan sistem dukungan yang dibutuhkan.
Memiliki kemampuan melakukan identifikasi dini dan asesmen anak berkebutuhan khusus dengan gangguan fisik, intelektual, sosial dan emosional di sekolah dasar Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program pembelajaran untuk ABK yang berada di bawah tanggung jawabnya di sekolah dasar
Memiliki kemampuan melakukan identifikasi dini dan asesmen anak berkebutuhan khusus dengan gangguan fisik, intelektual, sosial dan emosional di sekolah dasar
Memiliki kemampuan mendisain, merencanakan, media pembelajaran SD berbasis teknologi
Pengetahuan
PP1
PP2
PP3
PP4
PP5
PP6
PP7
PP8
PP9
PP10
PP11
PP12
PP13
PP14
PP15
PP16
PP17
Menguasai prinsip dan teori pendidikan di SD
Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di SD baik fisik, psikologi dan social
Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi di SD meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA,IPS dan PKn SBDP, PJOK.
Menguasai konsep Kurikulum pendekatan strategi model metode tehnik bahan ajar media dan sumber belajar yang inovatif.
Menguasai konsep teknologi pembelajaran dan penerapannya di sekolah dasar
Menguasai konsep dan tehnik evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di SD
Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di SD.
Menguasai menerapkan layanan bimbingan penyuluhan di SD untuk memecahkan permasalahan terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran secara mandiri
Menguasai nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan dalam kehidupan sehari-hari
Menguasai konsep teoreitis Al-islam dan Kemuhammadiyahan
Menguasai konsep ilmu komunikasi secara lisan dan tulis dalam bhs Indonesia dan bahasa inggris, bahasa Daerah
Merumuskan Pancasila sebagai karakter Keilmuan Indonesia
Menguasai prinsip teoretis pendidikan inklusi Menguasai prinsip teoretis Dpendidikan ABK dan Teknik Identifikasi ABK
Menguasai secara mendalam konsep, prinsip-prinsip dan teknik modifikasi pembelajaran sesuai kebutuhan ABK  dengan gangguan fisik, intelektual, sosial dan emosional di sekolah dasar
Memiliki kepribadian, kepemimpinan yang Islami, berdisiplin, berfikir, bersikap bertingkah laku tertib, sehat, kuat, mental, moral dan Fisik
Mampu menguasai konsep manajemen Kewirausahaan
Menguasai konsep dasar dan prosedur pengembangan pemecahan   masalahan pembelajaran di sekolah dasar