demokratis

Pola Asuh Demokratis Tingkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita

pgsd.umsida.ac.id – Penelitian yang dilakukan di SDN Bendo Tretek 1, Sidoarjo oleh salah satu dosen program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Vanda Rezania MPd mengungkap bahwa pola asuh demokratis oleh orang tua dapat membantu meningkatkan kemandirian anak tunagrahita. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh orang tua dalam mendukung kemandirian anak-anak dengan kebutuhan khusus, khususnya tunagrahita, di lingkungan pendidikan dasar.

Tantangan Anak Tunagrahita

demokratis

Anak-anak tunagrahita menghadapi tantangan dalam kemampuan sosial, kognitif, dan kemandirian sehari-hari. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa anak-anak dengan kondisi ini memiliki keterbatasan yang bervariasi berdasarkan tingkat keparahan. Misalnya, anak dengan tunagrahita ringan dapat belajar mengurus diri sendiri dengan dukungan, sedangkan anak dengan tunagrahita berat lebih membutuhkan pendampingan penuh sepanjang hidup mereka.

“Penelitian ini penting untuk memahami bagaimana pola asuh orang tua dapat memainkan peran penting dalam mendukung anak tunagrahita untuk mencapai potensi kemandirian mereka,” jelas Vanda.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode triangulasi untuk memastikan validitas informasi.

Observasi dilakukan langsung di rumah dan sekolah anak-anak tunagrahita. “Kami melihat bagaimana orang tua memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk melakukan aktivitas mereka sendiri, namun tetap memberikan arahan dan pengawasan yang diperlukan,” tambah vanda.

Pola Asuh Demokratis Pada Anak Tunagrahita

demokratis

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis efektif dalam mendorong anak tunagrahita untuk lebih mandiri. Anak-anak ini sudah dapat melakukan aktivitas dasar seperti makan, berpakaian, dan mandi secara mandiri dengan arahan dan dukungan dari orang tua mereka. Selain itu, anak tunagrahita di sekolah ini mampu menunjukkan kedisiplinan dan pengendalian emosi yang baik, berkat bimbingan yang konsisten dari orang tua.

Salah satu orang tua peserta penelitian mengungkapkan, “Kami selalu memberikan pujian ketika anak berhasil melakukan sesuatu sendiri, seperti menulis atau memilih warna. Hal ini membuat mereka lebih percaya diri.”

Implikasi Bagi Pendidikan

Penelitian ini menekankan pentingnya pola asuh yang positif, khususnya pola asuh demokratis, dalam mendukung perkembangan anak tunagrahita. Hasil studi ini juga memberikan wawasan bagi guru dan pendidik untuk bekerja sama dengan orang tua dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif.

“Dengan pola asuh yang baik, anak-anak tunagrahita bisa mengurangi ketergantungan pada orang lain dan menjadi lebih mandiri,” tutur Vanda. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan program pendidikan khusus dan peningkatan keterlibatan keluarga dalam mendukung anak berkebutuhan khusus.

Artikel ini menunjukkan bagaimana pola asuh demokratis dapat menjadi kunci keberhasilan dalam meningkatkan kemandirian anak-anak tunagrahita. Ini adalah langkah maju dalam memahami peran orang tua dan lingkungan dalam mendukung pendidikan inklusif.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

sd negeri kembang
SD Negeri Kembang dan PLP II Umsida 2025 Tunjukkan Semangat Patriotisme di Lomba Drumband
November 4, 2025By
mahasiswa plp
Inovasi Pembelajaran Mahasiswa PLP II Umsida 2025 Hadirkan Kolase Biji-bijian sebagai Praktik Terbaik di SDN Kedungkendo
October 31, 2025By
sd muhammadiyah 2 tulangan
SD Muhammadiyah 2 Tulangan dan PLP Umsida Kembangkan Budidaya Lele-Hidroponik Ramah Lingkungan
October 28, 2025By
smartbox
Implementasi Media Interaktif Smartbox Tingkatkan Kolaborasi Siswa SD Muhayah 1 Gempol
October 24, 2025By
sdi al chusnaini
SDI Al Chusnaini Menjadi Lokasi Mahasiswa PLP II Umsida Membuat Mading Literasi Kreatif
October 21, 2025By
Hizbhul Wathan
Mahasiswa PLP II Umsida Dampingi Hizbul Wathan SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage
October 17, 2025By
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha Rutin di SDN 2 Kedungrawan Bentuk Disiplin dan Karakter Religius Siswa
October 14, 2025By
Makan Sehat
Makan Sehat Bersama di SDN Gedangan: Meningkatkan Kebersamaan dan Pola Hidup Sehat Siswa
October 10, 2025By

Prestasi

Deisyah
Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Perak, Buktikan Kemampuan di Ajang Nasional
September 16, 2025By
Kejuaraan Pencak Silat Kanjuruhan Fighter Competition II 2025, Mahasiswa PGSD Berhasil Raih Juara 2
September 9, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PGSD Umsida Raih Juara 1, Anzalna Alfa Tunjukkan Tekatnya di Kompetisi Indonesia Expo battle Piala DPR RI
September 5, 2025By
Mahasiswa
Prestasi Gemilang Mahasiswa PGSD Umsida, Syihabudin Robbani Raih Juara 1 di Kejuaraan Nasional Malang Championship 5
August 1, 2025By
pgsd
Empat Mahasiswa PGSD Umsida Ikuti PMM di UNESA, Perkuat Kolaborasi Antar Kampus
February 26, 2025By
juara
Mahasiswa PGSD Umsida Raih Juara 1 di Paku Bumi Open Championship 2025
February 12, 2025By
Mahasiswa PGSD Lestarikan Aksara Jawa Dalam KKN Internasional
August 25, 2024By
6 Mahasiswa PGSD Hadapi Tantangan KKN di Malaysia
August 7, 2024By