karakter

Integrasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Strategi dan Tantangan

pgsd.umsida.ac.id – Pendidikan karakter menjadi landasan penting dalam membentuk kepribadian siswa di tingkat Sekolah Dasar (SD). Penelitian terbaru oleh Vevy Liansari, dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar () Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), mengungkapkan pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai karakter seperti tanggung jawab, disiplin, dan toleransi dalam proses pembelajaran.

“Pendidikan karakter tidak hanya berfokus pada pengajaran moral, tetapi juga harus mencakup pengembangan keterampilan sosial dan etika siswa sejak dini,” ujar Vevy Liansari.

Penelitian ini menyoroti bahwa pendidikan karakter membutuhkan sinergi antara kurikulum, metode pembelajaran, dan evaluasi yang dirancang secara holistik untuk memastikan nilai-nilai karakter dapat tertanam dengan baik.

Strategi Efektif dalam Pendidikan Karakter
karakter
Sumber: Pexles

Kurikulum 2013, yang digunakan di banyak sekolah, menyediakan dasar yang kuat untuk penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik. Penelitian ini menyarankan metode pembelajaran berbasis siswa, seperti diskusi kelompok, simulasi, dan aktivitas luar ruangan, sebagai strategi untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai karakter.

“Media pembelajaran, termasuk video edukatif, aplikasi digital, dan permainan interaktif, mampu membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak seperti kejujuran dan tanggung jawab dengan lebih efektif,” tambah Vevy.

Selain itu, evaluasi pembelajaran diarahkan untuk mencakup aspek kognitif dan afektif melalui portofolio, jurnal refleksi, dan observasi langsung terhadap perilaku siswa selama kegiatan belajar.

Peran Keluarga dan Lingkungan Sekolah
karakter
Sumber; pixels

Penelitian ini juga menyoroti peran besar keluarga dan lingkungan sekolah dalam mendukung pendidikan karakter. Pola asuh, nilai-nilai keluarga, dan keterlibatan orang tua dalam aktivitas belajar siswa menjadi faktor penting yang menentukan keberhasilan pendidikan karakter.

“Keluarga adalah guru pertama bagi anak. Apa yang diajarkan di rumah sangat berpengaruh pada bagaimana anak menerapkan nilai-nilai yang diajarkan di sekolah,” jelas Vevy.

Di sisi lain, kolaborasi antara guru, siswa, dan masyarakat juga dianggap esensial untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung pembentukan karakter positif.

Tantangan dan Harapan ke Depan

Meskipun memiliki banyak potensi, pendidikan karakter di SD menghadapi beberapa tantangan. Salah satu kendala utama adalah kurangnya konsistensi dalam penerapan nilai-nilai karakter, baik di sekolah maupun di rumah. Selain itu, minimnya pelatihan untuk guru mengenai metode pendidikan karakter juga menjadi hambatan signifikan.

“Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan pendekatan yang lebih kolaboratif antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Pelatihan guru secara berkala dan sistem komunikasi yang efektif antara pihak sekolah dan orang tua juga harus menjadi prioritas,” ungkap Vevy.

Melalui upaya yang berkesinambungan, pendidikan karakter di SD dapat menjadi fondasi yang kuat bagi pembentukan generasi muda yang berintegritas, bermoral, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Program ini diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi siswa, tetapi juga memberikan dampak positif bagi komunitas secara keseluruhan.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

Mahasiswa
Mahasiswa PGSD Umsida Jalani PLP 1 di SD Islam Al-Azhar 52 Sidoarjo
May 9, 2025By
plp
Pelaksanaan Program PLP 1 di SDN 1 Ketepung Bersama Mahasiswa PGSD Umsida
April 29, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PGSD Umsida Mengambil Pengalaman di Sekolah Dasar Melalui Program Magang dan Observasi
April 22, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PLP 1 PGSD Umsida Ikuti Kegiatan Literasi Pagi dan Sarapan Bersama di SDN Lemah Putro 1
April 15, 2025By
guru
Berkesan! Mahasiswa PGSD Umsida Melihat Langsung Interaksi Guru Murid SD Muda Tulangan
April 11, 2025By
SD
SD Negeri Pucang 1 Sidoarjo, Sekolah Berprestasi yang Menjadi Lokasi Praktik Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
April 4, 2025By
pgsd
Mahasiswa PGSD Umsida Jalankan PLP 1 di SD Muhammadiyah 1 Krian: Mewujudkan Sekolah yang Ramah Anak dan Inklusif
March 28, 2025By
lomba
Lomba Kepanduan PBB Bertongkat “Galaksi Competition 2025” di FPIP Umsida
March 21, 2025By

Prestasi

pgsd
Empat Mahasiswa PGSD Umsida Ikuti PMM di UNESA, Perkuat Kolaborasi Antar Kampus
February 26, 2025By
juara
Mahasiswa PGSD Umsida Raih Juara 1 di Paku Bumi Open Championship 2025
February 12, 2025By
Mahasiswa PGSD Lestarikan Aksara Jawa Dalam KKN Internasional
August 25, 2024By
6 Mahasiswa PGSD Hadapi Tantangan KKN di Malaysia
August 7, 2024By
Dari Pecinta Literasi Menjadi Wisudawan Berprestasi 2023
December 5, 2023By
Muda, Cerdas dan Pekerja Keras, Patut Disematkan Kepada Wisudawan Terbaik Umsida Ini
July 6, 2023By
Menginspirasi, Wisudawan Umsida Ini Lulus 3,5 Tahun dan Raih Predikat Terbaik dan Berprestasi
July 3, 2023By
Sabet Tiga Medali Dalam Dua Pekan, Bukti Konsistensi Prestasi Mahasiswa FPIP Umsida
April 11, 2023By