Model

Model Interaktif Picture and Picture Tingkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa SD

pgsd.umsida.ac.id — Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dr Enik Setiyawati MPd, dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), bersama mahasiswanya, menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran interaktif Picture and Picture mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Oro-Oro Ombo Wetan 1, Kabupaten Pasuruan, pada tahun ajaran 2022/2023 dengan melibatkan seluruh siswa kelas VA sebagai responden.

Hasil riset membuktikan adanya pengaruh signifikan penggunaan model interaktif ini terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Nilai rata-rata motivasi siswa yang awalnya berada pada angka 55,1% melonjak menjadi 97,9% setelah perlakuan.

Penerapan dan Pengujian Model Interaktif Picture and Picture

Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental Design dengan model One Shot Case Study, di mana satu kelompok siswa diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan model Picture and Picture interaktif, lalu diukur tingkat motivasinya melalui kuesioner.
Kuesioner berisi 30 pernyataan yang disusun berdasarkan skala Likert, dan diuji validitas serta reliabilitasnya menggunakan uji product moment dan Cronbach’s alpha. Seluruh item pernyataan dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai alpha 0,752, melebihi standar minimal 0,60.

Model Picture and Picture interaktif menggabungkan penggunaan gambar yang disusun secara logis untuk membantu siswa memahami materi. Dalam prosesnya, guru menampilkan gambar-gambar terkait topik pelajaran, kemudian siswa diminta menyusunnya secara berurutan. Kegiatan ini memacu partisipasi aktif, kreativitas, serta melatih keterampilan berpikir logis dan sistematis.

Selain itu, penelitian ini juga melewati tahap uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov yang menunjukkan data berdistribusi normal (nilai signifikansi 0,173 > 0,05). Selanjutnya, uji hipotesis one sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,006 (< 0,05) yang menegaskan adanya pengaruh signifikan model ini terhadap motivasi belajar siswa.

Lonjakan Motivasi dan Antusiasme Siswa di Kelas IPA

Model

Hasil pengukuran motivasi belajar siswa menunjukkan lonjakan signifikan setelah penerapan model pembelajaran interaktif Picture and Picture. Sebelum perlakuan, motivasi siswa hanya berada di angka 55,1%. Setelah sesi pembelajaran dengan model ini, motivasi meningkat hingga 42,8% menjadi 97,9%.

Kenaikan ini disebabkan oleh suasana belajar yang lebih hidup dan melibatkan siswa secara langsung. Gambar-gambar yang disajikan tidak hanya membantu pemahaman konsep, tetapi juga menarik perhatian siswa untuk aktif bertanya, menjawab, dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Dr Enik Setiyawati MPd, menjelaskan bahwa pembelajaran interaktif membuat siswa lebih fokus dan merasa senang mengikuti pelajaran. “Dengan melibatkan siswa dalam penyusunan urutan gambar, mereka bukan hanya memahami materi, tetapi juga terdorong untuk berpikir kritis dan kreatif,” ujarnya.

Model ini juga terbukti membantu guru menciptakan pembelajaran IPA yang lebih kontekstual. Siswa tidak hanya menghafal teori, tetapi memahami proses dan konsep secara visual. Misalnya, saat mempelajari siklus air, siswa menyusun gambar mulai dari penguapan, pembentukan awan, hingga turunnya hujan. Aktivitas ini mempermudah mereka mengingat alur peristiwa secara logis.

Penelitian ini sejalan dengan hasil riset sebelumnya yang menyatakan bahwa metode Picture and Picture dapat mempengaruhi motivasi belajar, namun inovasi terletak pada pendekatan interaktif yang menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Hal ini berdampak positif tidak hanya pada motivasi, tetapi juga pada kepercayaan diri siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi dan presentasi di kelas.

Dengan hasil yang menjanjikan, model pembelajaran interaktif Picture and Picture dapat menjadi alternatif efektif bagi guru sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran IPA yang menuntut pemahaman konsep secara mendalam. Penerapan metode ini juga mendukung tujuan pendidikan dasar dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif pada siswa sejak dini.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

kkn
Tiga Mahasiswa PGSD Umsida 2025 Lolos KKN Kemitraan Internasional
December 2, 2025By
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2025: Banyak Peluang Karir dan Tips untuk Sukses
November 18, 2025By
pertukaran mahasiswa
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Umsida 2025 Ikuti Pertukaran Mahasiswa di Unesa
November 14, 2025By
ramah anak
Mahasiswa Umsida 2025 Terapkan Pembelajaran Ramah Anak di SD Muhammadiyah 1 Krian
November 11, 2025By
hima pgsd
Hima PGSD Umsida Lantik Pengurus Baru 2025/2026, Wujudkan Visi Maju dan Soliditas Tanpa Batas
November 7, 2025By
sd negeri kembang
SD Negeri Kembang dan PLP II Umsida 2025 Tunjukkan Semangat Patriotisme di Lomba Drumband
November 4, 2025By
mahasiswa plp
Inovasi Pembelajaran Mahasiswa PLP II Umsida 2025 Hadirkan Kolase Biji-bijian sebagai Praktik Terbaik di SDN Kedungkendo
October 31, 2025By
sd muhammadiyah 2 tulangan
SD Muhammadiyah 2 Tulangan dan PLP Umsida Kembangkan Budidaya Lele-Hidroponik Ramah Lingkungan
October 28, 2025By

Prestasi

Deisyah
Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Perak, Buktikan Kemampuan di Ajang Nasional
September 16, 2025By
Kejuaraan Pencak Silat Kanjuruhan Fighter Competition II 2025, Mahasiswa PGSD Berhasil Raih Juara 2
September 9, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PGSD Umsida Raih Juara 1, Anzalna Alfa Tunjukkan Tekatnya di Kompetisi Indonesia Expo battle Piala DPR RI
September 5, 2025By
Mahasiswa
Prestasi Gemilang Mahasiswa PGSD Umsida, Syihabudin Robbani Raih Juara 1 di Kejuaraan Nasional Malang Championship 5
August 1, 2025By
pgsd
Empat Mahasiswa PGSD Umsida Ikuti PMM di UNESA, Perkuat Kolaborasi Antar Kampus
February 26, 2025By
juara
Mahasiswa PGSD Umsida Raih Juara 1 di Paku Bumi Open Championship 2025
February 12, 2025By
Mahasiswa PGSD Lestarikan Aksara Jawa Dalam KKN Internasional
August 25, 2024By
6 Mahasiswa PGSD Hadapi Tantangan KKN di Malaysia
August 7, 2024By