STRATEGI PENCAPAIAN TUJUAN PROGRAM STUDI
Untuk mencapai tujuan program studi, maka diperlukan langkah-langkah strategis, langlah-langkah tersebut adalah:
Tabel 1.2.2 langkah-langkah Strategis
No
|
Tujuan Program Studi
|
Strategi Pencapaian Tujuan Program Studi
|
1
|
Menghasilkan tenaga pendidik sekolah dasar yang memiliki kompetensi dalam literasi, numerasi, dan sains dasar yang responsif Gedsi dan adaptif terhadap IPTEKS serta memiliki karakter Uswah, Mandiri, Sinergi, Integritas, Dinamis, Amanah (UMSIDA)
|
- Mengembangkan kurikulum responsif Gedsi dan terintegrasi AIK sesuai KKNI dan OBE.
- Mengintegrasikan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat Dosen PS PGSD UMSIDA ke dalam proses pembelajaran.
- Menyelenggarakan pembelajaran bebasis multimedia dan penyediaan kelas multimedia, dan self-access center yang berupa perpustakaan program studi, serta laboratorium SD untuk mendukung peningkatan kemampuan literasi, numerasi dan sains dasar mahasiswa PS PGSD.
- Integrasi nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan dalam kegiatan akademik (pembelajaran) dan non akademik.
|
2
|
Menghasilkan penelitian di bidang ke-SD-an yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sesuai tuntutan perkembangan peserta didik yang unggul dalam literasi, numerasi dan sains dasar yang responsif Gedsi dan adaptif terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS), serta sejalan dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
|
- Meningkatkan jumlah penelitian dosen tetap PS PGSD yang berkolaborasi dengan institusi dalam negeri dan luar negeri tentang topik literasi, numerasi, dan sains dasar yang responsive Gedsi berdasarkan nilai-nilai Islam melalui kerjasama berkelanjutan dengan universitas luar negeri (join seminar, student exchange, kolaborasi riset, studi lanjut).
- Memfasilitasi dan mendorong penelitian dosen PS PGSD sesuai visi PS PGSD melalui berbagai sumber pendanaan hibah dikti.
- Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk melaksanakan publikasi ilmiah pada jurnal nasional dan internasional melalui pelatihan penulisan artikel imliah nasional dan internasional dengan mengundang pakar.
|
3
|
Menghasilkan pengabdian pada masyarakat yang terkait dengan penerapan IPTEKS dan responsif Gedsi dalam pendidikan sesuai nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan
|
- Meningkatkan jumlah pengabdian dosen tetap PS PGSD yang berkolaborasi dengan institusi dalam negeri dan luar negeri tentang topik literasi, numerasi, dan sains dasar yang responsive Gedsi berdasarkan nilai-nilai Islam melalui kerjasama berkelanjutan dengan universitas luar negeri (join seminar, student exchange, kolaborasi riset, studi lanjut).
- Memfasilitasi dan mendorong pengabdian dosen PS PGSD sesuai visi PS PGSD melalui berbagai sumber pendanaan hibah dikti.
- Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk melaksanakan publikasi ilmiah pengabdian dalam bidang pendidikan dasar.
|
4
|
Menghasilkan tata pamong dan tata Kelola serta Kerjasama dalam bidang pendidikan dasar di kancah nasional dan Internasional yang responsif gedsi dan adaptif terhadap IPTEKS yang sesuai nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
|
- Peningkatan sistem tata pamong dan tata Kelola yang berbasis EWS (early warning system) dan mengimplementasikan DSS (Decision Support System) secara utuh dan akuntabel.
- Peningkatan implementasi kerjasama tingkat nasional dan internasional di bidang pendidikan dasar yang responsif gedsi dan adaptif terhadap IPTEKS yang sesuai nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan melalui kolaborasi publikasi, riset, dan pertukaran mahasiswa.
|