stem

STEM dan Keterampilan Abad 21: Menyelaraskan Pendidikan untuk Generasi Mendatang

pgsd.umsida.ac.id – Penelitian terbaru menunjukkan pentingnya pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) dalam mengembangkan keterampilan abad 21, termasuk berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Studi yang dilakukan oleh Fitria Wulandari MPd dan Devi Iffadah Rizky Ariza Putri dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), bertujuan untuk menganalisis sikap siswa sekolah dasar terhadap STEM dan keterampilan abad 21, dengan fokus pada perspektif gender.

Mengapa STEM Penting untuk Pendidikan Dasar?

Dalam dunia yang terus berkembang pesat, keterampilan abad 21 menjadi keharusan bagi setiap individu untuk beradaptasi. STEM menjadi pendekatan pembelajaran yang relevan karena mengintegrasikan sains, teknologi, teknik, dan matematika untuk menyelesaikan masalah dunia nyata. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran berbasis STEM tidak hanya memberikan pengetahuan teknis, tetapi juga membentuk karakter siswa sebagai pemecah masalah, inovator, dan pemikir kritis.

Hasil Penelitian Sikap Siswa terhadap STEM

Penelitian dilakukan pada 37 siswa kelas 6 di SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Hasil menunjukkan bahwa sikap siswa terhadap STEM bervariasi di setiap domain. Dalam bidang sains, rata-rata skor siswa adalah 3,45 (sedang), sementara untuk matematika skor berada di angka 2,97 (rendah). Domain teknologi/rekayasa mencatat skor 3,76 (sedang), dan keterampilan abad 21 memiliki skor tertinggi, yaitu 3,91 (sedang). Penelitian ini juga menemukan perbedaan signifikan antara sikap siswa laki-laki dan perempuan terhadap STEM.

Peran Gender dalam Pendidikan STEM

Penelitian ini mengungkapkan bahwa siswa laki-laki cenderung memiliki aspirasi lebih tinggi terhadap karir di bidang STEM dibandingkan siswa perempuan. Hal ini menunjukkan pentingnya mengatasi bias gender dalam pendidikan STEM. Sebagai contoh, siswa laki-laki memiliki minat lebih besar dalam teknologi dan rekayasa, sementara siswa perempuan menunjukkan sikap positif terhadap kolaborasi dan kreativitas.

Rekomendasi untuk Pendidikan di Masa Depan

Penelitian ini merekomendasikan bahwa pendidik perlu lebih proaktif dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung STEM untuk semua gender. Dengan memanfaatkan pendekatan berbasis proyek dan masalah nyata, siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar. Selain itu, penting untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran interaktif yang mendorong keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi.

Penelitian ini menjadi langkah awal dalam memahami bagaimana STEM dan keterampilan abad 21 dapat diterapkan di tingkat sekolah dasar, sekaligus mengatasi tantangan bias gender dalam pendidikan. Dengan penerapan yang tepat, pendidikan berbasis STEM dapat menghasilkan generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

sd negeri kembang
SD Negeri Kembang dan PLP II Umsida 2025 Tunjukkan Semangat Patriotisme di Lomba Drumband
November 4, 2025By
mahasiswa plp
Inovasi Pembelajaran Mahasiswa PLP II Umsida 2025 Hadirkan Kolase Biji-bijian sebagai Praktik Terbaik di SDN Kedungkendo
October 31, 2025By
sd muhammadiyah 2 tulangan
SD Muhammadiyah 2 Tulangan dan PLP Umsida Kembangkan Budidaya Lele-Hidroponik Ramah Lingkungan
October 28, 2025By
smartbox
Implementasi Media Interaktif Smartbox Tingkatkan Kolaborasi Siswa SD Muhayah 1 Gempol
October 24, 2025By
sdi al chusnaini
SDI Al Chusnaini Menjadi Lokasi Mahasiswa PLP II Umsida Membuat Mading Literasi Kreatif
October 21, 2025By
Hizbhul Wathan
Mahasiswa PLP II Umsida Dampingi Hizbul Wathan SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage
October 17, 2025By
Sholat Dhuha
Sholat Dhuha Rutin di SDN 2 Kedungrawan Bentuk Disiplin dan Karakter Religius Siswa
October 14, 2025By
Makan Sehat
Makan Sehat Bersama di SDN Gedangan: Meningkatkan Kebersamaan dan Pola Hidup Sehat Siswa
October 10, 2025By

Prestasi

Deisyah
Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Perak, Buktikan Kemampuan di Ajang Nasional
September 16, 2025By
Kejuaraan Pencak Silat Kanjuruhan Fighter Competition II 2025, Mahasiswa PGSD Berhasil Raih Juara 2
September 9, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PGSD Umsida Raih Juara 1, Anzalna Alfa Tunjukkan Tekatnya di Kompetisi Indonesia Expo battle Piala DPR RI
September 5, 2025By
Mahasiswa
Prestasi Gemilang Mahasiswa PGSD Umsida, Syihabudin Robbani Raih Juara 1 di Kejuaraan Nasional Malang Championship 5
August 1, 2025By
pgsd
Empat Mahasiswa PGSD Umsida Ikuti PMM di UNESA, Perkuat Kolaborasi Antar Kampus
February 26, 2025By
juara
Mahasiswa PGSD Umsida Raih Juara 1 di Paku Bumi Open Championship 2025
February 12, 2025By
Mahasiswa PGSD Lestarikan Aksara Jawa Dalam KKN Internasional
August 25, 2024By
6 Mahasiswa PGSD Hadapi Tantangan KKN di Malaysia
August 7, 2024By