pgsd.umsida.ac.id — Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II dari Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar (Prodi PGSD) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) membawa angin segar ke lingkungan belajar di kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Gempol.
Mereka menciptakan sebuah majalah dinding (mading) yang interaktif dan inovatif, diberi nama “Ruang Ilmu dan Reward”, yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar para siswa.
Mading ini dirancang tidak hanya sebagai sumber informasi, tetapi juga sebagai alat bantu ajar yang menyenangkan.
Lihat Juga: Deisyah Amalia Rawethi Raih Medali Perak, Buktikan Kemampuan di Ajang Nasional
Bagian “Ruang Ilmu” berisi ringkasan materi pelajaran, tips belajar, dan fakta-fakta menarik yang disajikan dengan visual yang cerah. Tujuannya adalah membantu siswa memahami konsep-konsep pelajaran dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan.
Mahasiswa PLP II Buat Sistem Reward yang Menggugah Semangat Belajar
Bagian yang paling menarik dari mading ini adalah sistem “Reward” nya. Setiap kali siswa berhasil menjawab pertanyaan yang ditempel di mading, atau menunjukkan kemajuan dalam sikap dan akademik, mereka akan mendapatkan stiker atau poin. Poin-poin ini bisa ditukarkan dengan hadiah kecil, seperti pensil, penghapus dan rautan pencil.
“Kami berharap mading ini bisa menjadi pemicu semangat bagi anak-anak untuk terus belajar dan berprestasi,” ujar salah satu mahasiswa PLP II.
“Kami ingin menciptakan suasana belajar yang kompetitif, namun tetap positif dan menyenangkan,” tambahnya.
Lihat Juga: Mahasiswa PLP II Umsida Ajak Siswa SD Muhammadiyah 5 Porong Ikuti Jalan Sehat dan Lomba Kostum Karnaval
Inisiatif ini telah mendapatkan sambutan baik dari siswa maupun guru. Para siswa terlihat antusias berebut untuk melihat isi mading dan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada.
Guru-guru di SD Muhammadiyah 1 Gempol juga mengapresiasi kreativitas mahasiswa PLP II ini yang dinilai efektif untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis.
Mading “Ruang Ilmu dan Reward” ini menjadi bukti nyata bahwa inovasi sederhana dapat memberikan dampak besar dalam dunia pendidikan. Kontribusi dari mahasiswa PLP II ini tidak hanya memperkaya pengalaman mereka, tetapi juga secara langsung memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan di sekolah.
Penulis : Syfaul Hudiyah
Editor: Mutafarida