pgsd.umsida.ac.id — Mahasiswa Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melaksanakan kegiatan Penerapan Pembelajaran Mendalam Berbasis Sekolah Ramah Anak dan Pembiasaan Baik di SD Muhammadiyah 1 Krian, Senin 15 September 2025.
PLP Umsida Terapkan Pembelajaran Ramah Anak
Kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa calon guru dalam menerapkan teori pembelajaran di sekolah dasar yang menekankan nilai-nilai ramah anak serta pembiasaan karakter positif di lingkungan sekolah.
Acara dibuka pukul 07.00 WIB dengan sambutan dari Kepala SD Muhammadiyah 1 Krian yang menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan.
Ia menekankan pentingnya pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga menumbuhkan nilai empati dan kemandirian siswa melalui pendekatan menyenangkan dan berpusat pada anak.
Lihat Juga: Siswa SD Membangun Ekosistem yang Sehat dan Berkelanjutan untuk Generasi Mendatang
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari UMSIDA menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan memperkuat kemampuan mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran mendalam berbasis karakter serta nilai-nilai sekolah ramah anak.
Suasana Kelas Interaktif dan Pembiasaan Baik

Setelah pembukaan, mahasiswa PLP melaksanakan kegiatan inti di kelas IV dan V dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif berbasis tematik.
Suasana kelas dibuat kondusif, aman, dan menyenangkan agar siswa dapat berpartisipasi aktif dan percaya diri. Mahasiswa bersama guru pendamping menciptakan interaksi positif dan mendorong siswa untuk berpikir kritis serta bertanggung jawab.
Lihat Juga: Pentingnya Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Umsida untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Selain pembelajaran, mahasiswa juga menanamkan pembiasaan baik seperti berdoa sebelum dan sesudah belajar, menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya, menghargai pendapat teman, dan membiasakan memberi salam.
Pembiasaan ini diharapkan membentuk karakter positif dan meningkatkan kesadaran moral serta sosial sejak dini.
Refleksi dan Dampak Kegiatan terhadap Mahasiswa dan Sekolah

Kegiatan berlangsung hingga pukul 10.30 WIB dan diakhiri dengan sesi refleksi bersama guru kelas dan DPL.
Guru memberikan apresiasi terhadap kreativitas mahasiswa dalam menciptakan pembelajaran inovatif serta kemampuan komunikasi dengan siswa.
DPL juga memberikan masukan untuk penguatan aspek perencanaan dan penilaian pembelajaran berbasis karakter pada kegiatan selanjutnya.
Menurut panitia pelaksana, kegiatan ini memberikan manfaat bagi semua pihak.
Bagi mahasiswa, menjadi pengalaman berharga dalam memahami dinamika kelas dan mengembangkan keterampilan pedagogik.
Bagi sekolah, kegiatan ini mendukung penguatan Profil Pelajar Pancasila dan penerapan budaya sekolah ramah anak.
Lihat Juga: Hima PGSD Umsida Gelar Mading Competition untuk Menggali Kreativitas dan literasi Mahasiswa
Sementara bagi siswa, kegiatan ini menghadirkan pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berkarakter.
Secara keseluruhan, kegiatan berjalan lancar dan penuh antusiasme. Kolaborasi antara pihak sekolah, dosen pembimbing, dan mahasiswa menjadi kunci sukses pelaksanaan.
Sebagai tindak lanjut, mahasiswa PLP bersama guru dan DPL berencana melaksanakan kegiatan serupa secara berkelanjutan untuk memperkuat karakter peserta didik dan mengembangkan lingkungan belajar yang inklusif serta menyenangkan.
Penulis : Berlian Ayu Tikasari
Editor: Nabila Wulyandini















![IMG-20250222-WA0017[1] pgsd](https://pgsd.umsida.ac.id/wp-content/uploads/2025/02/IMG-20250222-WA00171-150x150.jpg)


![mahasiswa_PGSD_KKN_di_Malaysia[1]](https://pgsd.umsida.ac.id/wp-content/uploads/2024/08/mahasiswa_PGSD_KKN_di_Malaysia1-150x150.jpg)