Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa dengan Digital Storytelling

Pgsd.umsida.ac.id – Dalam era digital saat ini, inovasi pembelajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan keterampilan siswa, khususnya dalam hal menulis. Salah satu riset terbaru dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) menunjukkan bagaimana Digital Storytelling dapat memberikan dampak positif bagi keterampilan menulis siswa sekolah dasar.

Penelitian ini dilakukan oleh Fany Frestiya Adiyawati dan Ermawati Zulikhatin Nuroh, yang mengkaji pengaruh penggunaan *Digital Storytelling* terhadap kemampuan menulis siswa kelas II di SDN Kenongo 1.

Baca juga: Pentingnya Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Umsida untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Keunggulan Digital Storytelling dalam Pembelajaran

Penelitian ini mengungkapkan bahwa Digital Storytelling bukan hanya alat multimedia, tetapi juga strategi efektif yang dapat membuat proses belajar lebih menarik dan interaktif. Dengan menggabungkan gambar, teks, suara, dan video, metode ini berhasil meningkatkan minat siswa dalam menulis cerita.

Hal ini sangat penting mengingat keterampilan menulis merupakan salah satu kemampuan yang kompleks dan sering kali sulit untuk dikuasai oleh siswa.

Hasil Penelitian yang Signifikan
Sumber: Pexels

Penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif ini melibatkan 25 siswa sebagai sampel. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan Digital Storytelling.

Skor rata-rata siswa meningkat dari 54,95 pada pretest menjadi 80,50 pada posttest. Uji statistik juga menunjukkan bahwa *Digital Storytelling* memberikan pengaruh besar, dengan nilai Eta-Squared sebesar 0,76, yang berarti bahwa metode ini memiliki dampak yang kuat terhadap peningkatan kemampuan menulis siswa.

Manfaat Utama Digital Storytelling untuk Menulis

1. Meningkatkan Minat Belajar: Digital Storytelling membuat proses belajar lebih menarik karena siswa dapat melihat kombinasi visual dan audio yang mendukung cerita yang mereka tulis. Hal ini meningkatkan motivasi mereka untuk lebih aktif dalam menulis.

2. Membantu Siswa Mengekspresikan Ide: Dengan bantuan visual dan audio, siswa dapat lebih mudah menuangkan ide dan imajinasi mereka ke dalam tulisan. Ini membuat mereka lebih percaya diri dalam mengembangkan cerita yang kreatif.

3. Meningkatkan Pemahaman Konsep: Melalui media digital, siswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang alur cerita, struktur penulisan, dan penggunaan bahasa yang efektif.

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Melalui Pembelajaran IPA

Kontribusi Riset Umsida bagi Pendidikan
Sumber: Pexels

Penelitian ini menegaskan bahwa inovasi seperti Digital Storytelling bisa menjadi solusi efektif dalam mengatasi tantangan pembelajaran tradisional. Dengan memanfaatkan teknologi, para pendidik dapat membuat siswa lebih terlibat dan termotivasi dalam belajar.

Keberhasilan riset ini juga menunjukkan komitmen Umsida dalam menghadirkan penelitian yang relevan dan berdampak bagi dunia pendidikan, khususnya dalam pengembangan metode pengajaran yang lebih kreatif dan interaktif.

Digital Storytelling telah terbukti menjadi metode yang efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini tidak hanya bermanfaat bagi pendidik, tetapi juga memberikan wawasan penting bagi pengembangan kurikulum yang lebih menarik dan inovatif.

Sebagai kampus yang terus berinovasi dalam dunia pendidikan, UMSIDA berkomitmen untuk mendukung riset yang memberikan dampak nyata dan meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia.

Sumber: The influence of digital storytelling on story writing skills of class II elementary school students

Bertita Terkini

Mahasiswa
Mahasiswa PGSD Umsida Jalani PLP 1 di SD Islam Al-Azhar 52 Sidoarjo
May 9, 2025By
plp
Pelaksanaan Program PLP 1 di SDN 1 Ketepung Bersama Mahasiswa PGSD Umsida
April 29, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PGSD Umsida Mengambil Pengalaman di Sekolah Dasar Melalui Program Magang dan Observasi
April 22, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PLP 1 PGSD Umsida Ikuti Kegiatan Literasi Pagi dan Sarapan Bersama di SDN Lemah Putro 1
April 15, 2025By
guru
Berkesan! Mahasiswa PGSD Umsida Melihat Langsung Interaksi Guru Murid SD Muda Tulangan
April 11, 2025By
SD
SD Negeri Pucang 1 Sidoarjo, Sekolah Berprestasi yang Menjadi Lokasi Praktik Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
April 4, 2025By
pgsd
Mahasiswa PGSD Umsida Jalankan PLP 1 di SD Muhammadiyah 1 Krian: Mewujudkan Sekolah yang Ramah Anak dan Inklusif
March 28, 2025By
lomba
Lomba Kepanduan PBB Bertongkat “Galaksi Competition 2025” di FPIP Umsida
March 21, 2025By

Prestasi

pgsd
Empat Mahasiswa PGSD Umsida Ikuti PMM di UNESA, Perkuat Kolaborasi Antar Kampus
February 26, 2025By
juara
Mahasiswa PGSD Umsida Raih Juara 1 di Paku Bumi Open Championship 2025
February 12, 2025By
Mahasiswa PGSD Lestarikan Aksara Jawa Dalam KKN Internasional
August 25, 2024By
6 Mahasiswa PGSD Hadapi Tantangan KKN di Malaysia
August 7, 2024By
Dari Pecinta Literasi Menjadi Wisudawan Berprestasi 2023
December 5, 2023By
Muda, Cerdas dan Pekerja Keras, Patut Disematkan Kepada Wisudawan Terbaik Umsida Ini
July 6, 2023By
Menginspirasi, Wisudawan Umsida Ini Lulus 3,5 Tahun dan Raih Predikat Terbaik dan Berprestasi
July 3, 2023By
Sabet Tiga Medali Dalam Dua Pekan, Bukti Konsistensi Prestasi Mahasiswa FPIP Umsida
April 11, 2023By