karakter

Penguatan Karakter Religius dan Kedisiplinan Melalui Pembiasaan di SD Muhammadiyah

pgsd.umsida.ac.id – Karakter merupakan aspek fundamental yang membentuk perilaku, etika, dan moral seseorang. Penguatan karakter religius dan disiplin menjadi landasan penting dalam pendidikan untuk membangun generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki nilai-nilai luhur.

Pentingnya Karakter Religius dan Disiplin

Penelitian yang dilakukan oleh para dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo di SD Muhammadiyah Sidoarjo memberikan wawasan mendalam tentang peran pembiasaan dalam membangun karakter siswa.

Menurut penelitian ini, pendidikan karakter tidak hanya menjelaskan konsep baik dan buruk tetapi menanamkan nilai-nilai tersebut melalui tindakan nyata sehari-hari. “Pembiasaan adalah kunci untuk membentuk perilaku positif siswa,” ujar Mohammad Faizal Amir, salah satu peneliti.

Metode Penelitian: Observasi dan Pendekatan Kualitatif

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa SD Muhammadiyah Sidoarjo, dengan informan utama adalah para guru dan kepala sekolah. Observasi dilakukan untuk melihat implementasi pembiasaan yang diterapkan di sekolah dalam membentuk karakter religius dan disiplin.

“Metode ini membantu kami memahami proses pembentukan karakter siswa secara mendalam dan bagaimana pembiasaan menjadi alat efektif untuk pendidikan karakter,” jelas Dwi Silvi Atuszahroh, peneliti lainnya.

Hasil Penelitian: Program Pembiasaan Efektif

karakter

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan melalui aktivitas tertentu secara konsisten dapat membentuk karakter religius dan disiplin siswa. Berikut beberapa program unggulan yang diterapkan:

  1. Menghafal Surat Pendek dan Hadis
    Kegiatan ini dilakukan setiap pagi sebelum belajar dimulai. Siswa diajak menghafal surat pendek Al-Qur’an dan hadis-hadis terkait kehidupan sehari-hari. Metode muroja’ah, atau pengulangan hafalan, diterapkan untuk memastikan hafalan siswa tetap terjaga. “Dengan metode ini, siswa tidak hanya menghafal tetapi juga memahami makna dari bacaan mereka,” tambah Ayu Nur Roudhotul Jannah.
  2. Salat Dhuha Berjamaah
    Program salat dhuha dilakukan secara rutin di sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai religius dan memperkuat hubungan spiritual siswa dengan Tuhan. Salat dhuha juga menjadi ajang bagi siswa untuk belajar kebersamaan dan kedisiplinan. “Kegiatan ini memberikan dampak positif pada perilaku siswa, baik di sekolah maupun di rumah,” ujar Zulfiya Faradina.
  3. Pemenuhan Aturan Sekolah
    Penerapan aturan sekolah, seperti datang tepat waktu, mengenakan seragam sesuai ketentuan, dan menjaga ketertiban kelas, menjadi sarana membentuk kedisiplinan. Guru dan staf sekolah berperan aktif dalam mengawasi dan membimbing siswa untuk menaati aturan. “Disiplin yang dibangun di sekolah mencerminkan perilaku siswa di masyarakat,” jelas Mohammad Fanani.
Implikasi Pendidikan Karakter

Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembiasaan adalah strategi yang efektif untuk membentuk karakter religius dan disiplin siswa. Melalui kegiatan menghafal, salat dhuha, dan penerapan aturan sekolah, siswa tidak hanya berkembang dalam aspek akademik tetapi juga memiliki moral yang kuat.

Program ini juga memberikan panduan bagi pendidik dan calon pendidik untuk mengimplementasikan pendidikan karakter secara praktis. “Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya peran orang tua dalam mendukung program pembiasaan di sekolah agar nilai-nilai yang diajarkan dapat diterapkan di rumah,” kata Yerrys Mardiyansyah.

Dengan pembiasaan yang konsisten, diharapkan siswa mampu menjadi individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga bermoral, religius, dan disiplin, sehingga siap menghadapi tantangan masa depan. “Karakter adalah fondasi dari setiap kesuksesan,” tutup Faizal.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

Mahasiswa
Mahasiswa PGSD Umsida Jalani PLP 1 di SD Islam Al-Azhar 52 Sidoarjo
May 9, 2025By
plp
Pelaksanaan Program PLP 1 di SDN 1 Ketepung Bersama Mahasiswa PGSD Umsida
April 29, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PGSD Umsida Mengambil Pengalaman di Sekolah Dasar Melalui Program Magang dan Observasi
April 22, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PLP 1 PGSD Umsida Ikuti Kegiatan Literasi Pagi dan Sarapan Bersama di SDN Lemah Putro 1
April 15, 2025By
guru
Berkesan! Mahasiswa PGSD Umsida Melihat Langsung Interaksi Guru Murid SD Muda Tulangan
April 11, 2025By
SD
SD Negeri Pucang 1 Sidoarjo, Sekolah Berprestasi yang Menjadi Lokasi Praktik Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
April 4, 2025By
pgsd
Mahasiswa PGSD Umsida Jalankan PLP 1 di SD Muhammadiyah 1 Krian: Mewujudkan Sekolah yang Ramah Anak dan Inklusif
March 28, 2025By
lomba
Lomba Kepanduan PBB Bertongkat “Galaksi Competition 2025” di FPIP Umsida
March 21, 2025By

Prestasi

pgsd
Empat Mahasiswa PGSD Umsida Ikuti PMM di UNESA, Perkuat Kolaborasi Antar Kampus
February 26, 2025By
juara
Mahasiswa PGSD Umsida Raih Juara 1 di Paku Bumi Open Championship 2025
February 12, 2025By
Mahasiswa PGSD Lestarikan Aksara Jawa Dalam KKN Internasional
August 25, 2024By
6 Mahasiswa PGSD Hadapi Tantangan KKN di Malaysia
August 7, 2024By
Dari Pecinta Literasi Menjadi Wisudawan Berprestasi 2023
December 5, 2023By
Muda, Cerdas dan Pekerja Keras, Patut Disematkan Kepada Wisudawan Terbaik Umsida Ini
July 6, 2023By
Menginspirasi, Wisudawan Umsida Ini Lulus 3,5 Tahun dan Raih Predikat Terbaik dan Berprestasi
July 3, 2023By
Sabet Tiga Medali Dalam Dua Pekan, Bukti Konsistensi Prestasi Mahasiswa FPIP Umsida
April 11, 2023By