Pentingnya Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Umsida untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Pgsd.umsida.ac.id – Dalam era teknologi yang terus berkembang, literasi digital telah menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa, terutama di lingkungan pendidikan tinggi.

Di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mengimplementasikan program tersebut sebagai bagian integral dari pembelajaran mahasiswa. Program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis mahasiswa, tetapi juga untuk membentuk kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan analitis.

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Melalui Pembelajaran IPA

Apa itu Literasi Digital?
Sumber: Pixels

Literasi digital adalah kemampuan untuk menemukan, menggunakan, mengevaluasi, dan menyebarkan informasi dengan menggunakan teknologi digital. Di era digital ini, mahasiswa FKIP UMSIDA tidak hanya dituntut untuk menguasai teknologi dalam mendukung tugas akademik, tetapi juga untuk memanfaatkan teknologi secara bijak dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat bagi Mahasiswa FKIP

Mengembangkan literasi digital memiliki berbagai manfaat, termasuk:

1. Menghemat Waktu: Mahasiswa dapat dengan mudah menemukan referensi akademik yang terpercaya melalui sumber digital.
2. Belajar Lebih Cepat: Aplikasi dan perangkat digital membantu mahasiswa untuk mengakses informasi secara lebih cepat dibandingkan sumber cetak.
3. Meningkatkan Keamanan Informasi: Mahasiswa belajar tentang privasi online dan bagaimana melindungi diri dari kejahatan siber.
4. Selalu Terhubung dengan Informasi Terkini: Mahasiswa dapat terus memperoleh informasi terbaru yang relevan dengan perkembangan akademik dan sosial.

Tahapan Implementasi di FKIP UMSIDA
Sumber: Pixels

Dalam upaya mengintegrasikan ke dalam proses pembelajaran, FKIP UMSIDA menerapkan program ini dalam tiga tahapan:

1. Tahap Pembiasaan: Mahasiswa diajak untuk membiasakan diri membaca buku non-perkuliahan selama 15 menit setiap hari dan membuat jurnal bacaan untuk meningkatkan kebiasaan membaca.
2. Tahap Pengembangan: Mahasiswa dilatih untuk memanfaatkan referensi digital dan menciptakan bahan pembelajaran berbasis teks yang kaya dengan informasi digital.
3. Tahap Pembelajaran: Pada tahap ini, strategi literasi digital diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran, di mana dosen dan mahasiswa bekerja sama dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan akademik.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa

Mengapa Literasi Digital Penting?

Kemampuan ini sangat penting untuk mempersiapkan mahasiswa FKIP UMSIDA menghadapi tantangan di dunia pendidikan modern.

Kemampuan untuk mencari, mengevaluasi, dan memanfaatkan informasi digital memungkinkan mahasiswa untuk menjadi pendidik yang lebih efektif, inovatif, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang pesat.

Dengan keterampilan ini, mahasiswa juga dapat berkontribusi dalam menyebarkan informasi yang akurat dan kredibel kepada masyarakat luas, serta mendorong terciptanya lingkungan akademik yang lebih produktif dan kreatif.

Penerapan literasi digital di FKIP UMSIDA tidak hanya meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa, tetapi juga membentuk mereka menjadi individu yang berpikir kritis dan kreatif.

Dengan memanfaatkan teknologi digital secara bijak, mahasiswa dapat memaksimalkan potensi mereka dalam belajar dan berkontribusi dalam dunia pendidikan. Literasi digital bukan sekadar keterampilan teknis, tetapi juga kemampuan yang memungkinkan mahasiswa untuk menjadi agen perubahan dalam masyarakat.

Sumber: Realitas penerapan literasi digital bagi mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Bertita Terkini

Jaya Melati 1
Pelatihan Jaya Melati 1 di PGSD Umsida: Meningkatkan Karakter dan Ketaqwaan Peserta Melalui Kepanduan
June 24, 2025By
prospek kerja
Prospek Kerja Lulusan PGSD: Peluang Karier Menjanjikan di Dunia Pendidikan
June 20, 2025By
Jaya Melati 1
Pembukaan Jaya Melati 1, Membangun Karakter dan Kepanduan Generasi Muda di PGSD Umsida
June 16, 2025By
Kuliah
Kuliah di Jurusan PGSD Jalan Rahasia Menuju Karir Pendidikan yang Gemilang!
June 13, 2025By
Parade Semaphore
Lomba Parade Semaphore FPIP Umsida: Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Non-Verbal Siswa
June 10, 2025By
role playing
Riset Ungkap Peran Penting Role Playing Digital dalam Meningkatkan Pemahaman Karakter Multikultural Siswa SD Muhammadiyah 2 Krian
June 2, 2025By
PBB Bertongkat
Hima PGSD Gelar Lomba PBB Bertongkat, Tingkatkan Karakter dan Disiplin Pelajar Sidoarjo
May 27, 2025By
plp
Mahasiswa PGSD Umsida Jalani PLP I di SDN 002 Teluk Kuantan: Memahami Kultur dan Pembelajaran Sekolah
May 23, 2025By

Prestasi

pgsd
Empat Mahasiswa PGSD Umsida Ikuti PMM di UNESA, Perkuat Kolaborasi Antar Kampus
February 26, 2025By
juara
Mahasiswa PGSD Umsida Raih Juara 1 di Paku Bumi Open Championship 2025
February 12, 2025By
Mahasiswa PGSD Lestarikan Aksara Jawa Dalam KKN Internasional
August 25, 2024By
6 Mahasiswa PGSD Hadapi Tantangan KKN di Malaysia
August 7, 2024By
Dari Pecinta Literasi Menjadi Wisudawan Berprestasi 2023
December 5, 2023By
Muda, Cerdas dan Pekerja Keras, Patut Disematkan Kepada Wisudawan Terbaik Umsida Ini
July 6, 2023By
Menginspirasi, Wisudawan Umsida Ini Lulus 3,5 Tahun dan Raih Predikat Terbaik dan Berprestasi
July 3, 2023By
Sabet Tiga Medali Dalam Dua Pekan, Bukti Konsistensi Prestasi Mahasiswa FPIP Umsida
April 11, 2023By