PGSD Umsida menjadi tempat Pertukaran Mahasiswa Unesa

Pgsd.umsida.ac.id – Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menyambut kedatangan mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dalam program Pertukaran Mahasiswa, di Kampus 3 Umsida, Jumat (13/09/2024).

Ini merupakan salah satu kegiatan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Program MBKM adalah sebuah program inovasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta mengeluarkan sebuah kebijakan untuk melakukan suatu perubahan sistem Pendidikan Tinggi Indonesia, dengan tujuan dapat menghasilkan lulusan sarjana yang lebih berkualitas dan relevan.

Ini merupakan sebuah program yang popular dikalangan mahasiswa Indonesia, bukan hanya negeri namun swasta juga.

Program ini terdiri dari delapan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) MBKM, salah satunya adalah Petukaran Mahasiswa.

Pada Semester Ganjil tahun 2024/2025, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD) Unesa mengirimkan 20 mahasiswanya untuk menempuh perkuliahan di Umsida.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Unesa, Dekan FPIP, Kepala Prodi (Kaprodi) PGSD Umsida, Dosen PGSD Umsida, dan tentunya para mahasiswa pertukaran dari Unesa yang rata-rata berdomisili di area Sidoarjo.

Program Pertukaran ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antar Perguruan Tinggi Umsida dan Unesa.

Baca juga: Antusiasme Guru IGABA Sidoarjo Dalam Pelatihan Tim Abdimas Umsida

Kerjasama PGSD Umsida dan Unesa

Sebelumnya kedua Universitas ini telah menjalin kerjasama mulai dari tempat untuk kegiatan Program Pengenalan Lapangan (PPL) mahasiswa Prodi S2, diseminasi riset Dosen, kuliah tamu, publikasi, dan masih banyak lagi.

Adanya hubungan erat ini membuat pelaksanaan kegiatan pertukaran yang dibawah program MBKM bisa berjalan lebih lancar.

Salah satu alasan mengapa Unesa memilih Prodi PGSD Umsida sebagai tempat pelaksanaan program ini adalah, karena PGSD Umsida mempunyai sebuah kurikulum yang sangat menarik bagi mereka.

Salah satunya adalah pendidikan inklusif dan responsive gender, sehingga kuliah yang ditawarkan cukup relevan untuk kondisi saat ini dan masa depan.

Respon Positif DPL Mahasiswa Unesa

Kegiatan ini sangat di apresiasi oleh kedua belah pihak, DPL Pertukaran Mahasiswa Ulhaq Zuhdi MPd, memberikan kesan pertama yang positif.

“Saya rasa dengan suasana Kampus yang ramah dan terbuka dengan didukung fasilitas gedung yang berkualitas, saya rasa akan sangat mewadahi bagi kegiatan belajar mahasiswa kami,” ungkap Ulhaq.

Bukan hanya DPL Unesa saja, Kaprodi PGSD Umsida Dr Kemil Wachidah MPd juga menyampaikan sebuah apresiasi yang sangat tinggi bagi program pertukaran ini.

Menurutnya, program ini memberikan banyak manfaat terutama kedua program studi dari Unesa dan Umsida sama-sama terakreditasi Unggul.

“Kegiatan ini sangat kami apresiasi, dari sini kedua belah pihak sama-sama akan memperoleh kesan yang positif, karena kedua prodi baik dari Unesa maupun Umsida sama-sama telah terakreditasi unggul,” ucap Dr Kemil.

Baca juga: Mahasiswa PGSD Lestarikan Aksara Jawa Dalam KKN Internasional

Visi FPIP Umsida

Sebagai satu-satunya Kampus Unggul di Sidoarjo, FPIP yang berada dibawah naungan Umsida mempunyai sebuah misi yang sangat besar.

Yakni menjadi Fakultas yang unggul dan inovatif di tingkat ASEAN dalam bidang ilmu psikologi dan profesi psikologi, serta ilmu pendidikan dan profesi guru yang adaptif terhapat perkembangan IPTEKS bagi kesejahteraan masyarakat.

Dekan FPIP Dr Septi Budi Sartika MPd, berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, serta memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Serta, beliau juga berharap kegiatan ini dapat menghasilkan timbal balik yang positif terhadap mahasiswa PGSD Umsida untuk berkesempatan merasakan perkuliahan di Unesa.

Penulis: Aisyah Windy